Aktifitas

“Save The Nation From Cyber War”
ibt
Pada hari Sabtu, 14 Maret 2015, telah diselenggarakan Seminar dengan judul “Save The Nation from Cyber War di Lt 12 Menara YARSI Auditorium Arrahiim. Seminar ini terselenggara atas kerjasama komuntas IBT (Indonesian Back Track) bersama Senat Mahasiswa FTI. Hadir dalam acara ini adalah Bpk. Irjen Pol Arief Dharmawan – BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) yang juga sebagai Dewan Pembina IBT, Bapak Rifki Arif dari Dirjen Aptika Kominfo. Kegiatan ini dihadiri oleh para aktfitis yang berkecimpung dalam dunia keamanan jaringan dan informasi.
ibt2   ibt3

Roadshow Global Student Tecnology Competition

Alhamdulillah, kegiatan kuliah umum berupa sosialisasi  kompetisi Imagine Cup 2015  yang diselenggarakan secara Global oleh Microsoft telah dilaksanakan di kampus YARSI  lt 12 Auditorium Arrahim pada hari Senin, 23 Februari 2015. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 150 mahasiswa FTI.IC15_Posters.inddDalam kesempatan tersebut, Bapak Yugie Nugraha selaku Technical Evangelist Microsoft Indonesia memberikan presentasi terkait ajang Kompetisi Internasional bagi para mahasiswa yang terbagi ke dalam :1. Games Path
2. Innovation Path
3. World Citizenship Pathay-icmo    wd1-icmoimg_0404Beliau mengundang seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi  seluruh Indonesia untuk mengambil bagian dalam ajang kompetensi bergengsi ini, dan berharap ada lagi yang berhasil mengibarkan Merah Putih pada event Internasional ini seperti yang telah berhasil dilakukan oleh mahasiswa dari Madura.So, tunggu apa lagi, siapkah mahasiswa YARSI ?

Dari Bajaj menjadi Ferrari. Yup, itulah tag lineutama dari acara Bincang-Bincang Motivasi yang diadakan pada tanggal 8 Desember 2012 lalu. Acara dengan nuansa motivasi ini disiapkan secara khusus oleh Senat Mahasiswa dan Badan Asisten Teknik Informatika (BATIK) Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI untuk para mahasiswa, baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama. Para pembicara sudah dipilih. Ada tiga bagian besar dalam acara yang diadakan mulai pukul 8 sampai 16 ini, yaitu “kamu normal kok!”, “menanam benih mimpi”, dan “realisasi”.Berkuliah di bidang Teknologi Informasi bukanlah hal yang mudah. Tak jarang banyak mahasiswa yang merasa gentar karena tidak dapat cepat menyerap konsep-konsep yang diajarkan. Hal ini bahkan juga dialami oleh mahasiswa yang berprestasi sejak SMP/SMA. Jika dibiarkan, persaan-perasaan tersebut akan menumpuk dan berkembang menjadi label-label negatif, seperti bodoh dan gagal. Penumpukan energi negatif seperti ini bukannya akan membantu mahasiswa menyerap ilmu dari dosen, namun justru menghambat. Di sinilah bagian acara “kamu normal kok!” menjadi sesuatu yang sangat penting.Mahasiswa yang sudah merasa normal dan bisa sedikit melepaskan energi negatifnya kemudian diajak untuk melihat tiga presentasi dari para seniornya. Ada yang mempresentasikan virtual keyboard (Dwi Agung Sahputra – angkatan 2010), perangkat lunak untuk mendeteksi penyakit thalassemia atau kelainan dalam darah (Vita Sari Utami – angkatan 2008), dan desktop grid  (Andhika Dermawan – angkatan 2007). Presentasi ini hanyalah sekedar pancingan untuk membantu peserta menemukan “mimpi” yang ingin mereka wujudkan dengan berkuliah di bidang teknologi informasi. Ada banyak contoh dimana mimpi mampu mendorong seseorang untuk berlari lebih kencang dan tidak mudah putus asa. Efek inilah yang ingin dimunculkan dalam bagian “menanam benih mimpi”.najayTentu saja, mimpi-mimpi mereka akan terus menjadi khayalan semata. Perlu ada proses realisasi mimpi. Pada bagian ketiga, peserta diajak untuk memikirkan langkah-langkah nyata yang diperlukan untuk mewujudkan mimpi mereka. Tidak hanya itu, para peserta juga mendapatkan kisah pengalaman pribadi perjuangan kakak kelas mereka selama berkuliah, saudari Melita Vania Rahman (2010) dan Puji Aswari (2010). Panitia juga secara khusus mengundang Ibu Metta Rahmadiana dari Psikologi Universitas YARSI dan Bapak Fuady Munir dari FTI Universitas YARSI sebagai pembicara dan pemberi motivasi. Acara juga semakin meriah karena ada permainan berhadiah buku.

Semoga acara seperti ini dapat berlangsung tiap tahun dan memotivasi mahasiswa FTI UY untuk terus maju!

Teknologi Informasi dan Ilmu pengetahuan selalu berkembang dengan cepat dan betahap. Dengan adanya teknologi di era globalisasi ini tidak dapat dipungkiri jika semua yang dilakukan tidak luput dari teknologi, mulai dari hal yang kecil maupun yang besar dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal.

Sistem pembelajaran berbasis teknologi atau yang lebih dikenal dengan e-learning yaitu memanfaatkan teknologi sebagai sarana pembelajaran yang lebih efektif. Di desa tanjung pasir, banyak sekali tenaga pengajar atau yang lebih dikenal dengan guru melakukan pembelajaran masih dengan konvensional.

Oleh karena itu, Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI mengadakan kegiatan “Tanjung Pasir Training with Microsoft Power Point” yang dapat berguna dan bermanfaat bagi guru-guru dan anak-anak SMA yang berada didaerah Tanjung Pasir, Tanggerang. Berguna bagi guru-guru yang ingin mengajar dengan lebih interaktif dan menarik karena di dukung oleh file-file multimedia yang dapat di cerna lebih baik oleh siswa/i nya. Hal ini juga bermanfaat untuk siswa/i yang ingin mempresentasikan hasil tugas makalah nya kepada teman-temannya.

pengmas_tj1

Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Yarsi melakukan kegiatan ini untuk dapat mengajarkan cara membuat persentasi dengan mudah dan menarik dengan menggunakan Microsoft Power Point.

 

Lomba Kontes Robot Line Follower

Lomba Kontes Robot Line Follower FTI YARSI merupakan lomba kontes Robot adu kecepatan dan adu stategi Robot Line Follower (Robot penjajak garis) yang diikuti oleh pelajar SLTA (SMU dan SMK) se JABODETABEK. Pada lomba ini Robot akan melintasi suatu lintasan arena (Track Lomba) Lambang Yarsi. Lintasan arena line follower ini memiliki karakter yang variatif yaitu mulai dari track lurus, percabangan, dan lengkungan. Start dimulai pada suatu sudut dan dianggap mencapai finish apabila telah mencapai gerbang finish. Peserta akan mendapat minimal 2 kali hak bertanding pada waktu babak kualifikasi dan sistem pertandingan akan menggunakan sistem poin kemudian sistem gugur setelah kualifikasi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis ke-42 Universitas Yarsi. Dipilih 5 pemenang yang mendapatkan hadiah total 10 juta rupiah. SMA Negeri 28 Jakarta sangat mengapresiasi kegiatan ini. Sekolah tersebut mengirimkan 3 Tim nya untuk ikut bersaing dalam perlombaan ini. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Yarsi pada khususnya dan Mahasiswa & pelajar SMA pada umumnya untuk terus bersemangat dalam mengembangkan ide-ide penerapan teknologi kedepannya. Peserta Kedua siswi ini tim yang berasal dari SMA Negeri 46 Jakarta sedang mempersiapkan Robot Line Follower rakitannya untuk bisa melintasi lintasan berbentuk Logo Universitas YARSI yang telah disediakan oleh panitia.

 

 

 

Pengabdian Masyarakat GEBYAR!
Gerakan Mengabdi Bersama BEM-KM YARSI

bemelang

Gerakan mengabdi bersama BEM-KM (Badan Eksekutif Mahasiswa – Kebangkitan Mahasiswa) Universitas YARSI. Kegiatan ini adalah kegiatan pengabdian pada masyarakat yang di selenggarakan oleh BEM-KM YARSI bekerjasama dengan ELANG GROUP untuk membentuk masyarakat yang cerdas dan sehat. Kegiataan ini diselenggarakan pada hari sabtu tanggal 17 Maret 2012 yang bertempat di Griya Salak Endah 2 Bogor. BEM-KM YARSI bersama dua perwakilan dari Senat Mahasiswa tiap fakultas dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat Griya Salak Endah 2 Bogor.

bemelang1

Adapun Kegiatan-kegiatan yang dilakukan seperti : Gerakan Gemar Membaca, Penyuluhan Kesehatan Gratis, Lauching Perpustakaan, dan berbagai Games Edukatif.

bemelang2 bemelang3