Sambutan Dekan Fakultas Teknologi Informasi

Assalamu’alaikum Wr Wb

Selamat datang di Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas YARSI.

Sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi, FTI Universitas YARSI bertanggung jawab pada upaya memberikan pendidikan teknologi informasi yang berkualitas tinggi. Salah satu bentuk tanggung jawab tersebut adalah penyusunan kurikulum pendidikan yang menekankan pada dasar kompetensi dan nilai-nilai Islami. Dengan penyusunan kurikulum ini, diharapkan FTI Universitas YARSI dapat mencetak Sarjana Komputer dan Sarjana Ilmu Perpustakaan yang berkualitas tinggi dan mampu mengamalkan ilmunya di berbagai konteks sosial sesuai dengan nilai-nilai Islami.

FTI Universitas YARSI mempunyai dua program studi yaitu Teknik Informatika dan Ilmu Perpustakaan.

Program studi Teknik Informatika memiliki kurikulum yang fokus pada tiga kompetensi: Komputasional Cerdas (KC), Manajemen Data dan Informasi (MDI), dan Jaringan Komputer dan Komunikasi (JKK). Lulusan Teknik Informatika memiliki peluang karir sebagai : Analis Sistem, Administrasi Basis Data, Perancang Situs, Pembangun Situs, Administrasi Jaringan, Administrasi Teknologi Informasi, Perancang Sistem, Manajer Teknologi Informasi, Manajer Proyek Teknologi Informasi, dan Programmer.

Program Studi Ilmu Perpustakaan memiliki kurikulum dengan kompetensi dalam bidang : pengelolaan informasi dan sumber-sumber informasi yang berbasis teknologi informasi dan Islami, manajemen perpustakaan dan lembaga, layanan informasi, kependidikan,   komunikasi dan sosial serta pengembangan profesi. Lulusan Ilmu Perpustakaan FTI Universitas YARSI memiliki peluang karir sebagai : Pengelola dan Pengembang Pusat Dokumentasi dan Informasi di lembaga pemerintah dan swasta, Pustakawan di setiap sekolah dan perguruan tinggi, Pengembang Software Perpustakaan, Pendidik,  Peneliti, Manajer Informasi, Manajer Rekod, dan Penelusur Data.

Sesuai dengan Rencana Induk Penelitian Universitas YARSI, maka penelitian kedua program studi diarahkan pada bidang E-Health.  Untuk itu, dalam pelaksanaanya kedua program studi banyak berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran Universitas YARSI.  Di masa depan bidang e-health akan semakin dibutuhkan baik di tingkat Puskesmas, Poliklinik dan rumah sakit baik yang berskala nasional maupun internasional. Oleh karena itu, FTI Universitas YARSI akan terus  bekerja sama dengan institusi lain yang memiliki peminatan yang sejalan seperti Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung serta selalu meningkatkan kualitasnya sehingga mampu memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat.

Akhir kata, selamat bergabung dengan FTI Universitas YARSI. Mari kita berupaya untuk melakukan hal yang terbaik yang mampu kita lakukan dalam upaya membentuk insan yang bermanfaat.

 

Wassalamu’alaikum Wr Wb