Home » BERITA TERKINI » PMB with TOUCH TYPING 2013

PMB with TOUCH TYPING 2013

Serangkaian acara PMB (Pembekalan Mahasiswa Baru) with Touch Typing merupakan acara yang dibuat Fakultas Teknologi Informasi Universitas Yarsi untuk para mahasiswa baru 2013 selama 3 hari. Salah satu tujuan dibentuknya acara ini adalah pembekalan ilmu dan wawasan yang nantinya akan menunjang perkuliahan para mahasiswa. Acara dimulai pada tanggal 27 Agustus 2013 dan berakhir pada tanggal 29 Agustus 2013.

 

Hari ke-1:

Acara pertama setelah pembukaan, Dekan FTI Ibu DR. Vitri Tundungsari memberikan kuliah perdana dengan tema “Kunci Sukses Belajar di Universitas dan Karier di Teknologi Informasi dan Ilmu Perpustakaan”.  Kuliah yang disampaikan Ibu Dekan berisi tentang tips dan trick agar bisa berhasil sesuai dengan peran dan tangung jawabnya sebagai seorang mahasiswa. Kemudian pada siang harinya dilaksanakan diskusi “Bagaimana Menjadi Seorang Mahasiswa” yang dibawakan oleh Dosen FTI Bapak Andreas Febrian yang menyamar menjadi seorang mahasiswa tingkat akhir. Beliau menyampaikan materi tentang perbedaan bagaimana menjadi mahasiswa dan siswa. Pembawaan beliau sebagai mahasiswa tingkat akhir sangat baik sehingga sebagian besar peserta tidak menyadari bahwa beliau adalah salah satu dosen. Suasana diskusi pun tidak menjadi tegang namun menyenangkan.

 

 

Hari ke-2:

Pada hari kedua ini, diskusi pertama diisi oleh Dosen Psikologi Bapak Alabanyo Brebahama M.Psi. Beliau menyampaikan tentang “Strategi Metakognitif dalam Kesuksesan Belajar”. Suasana diskusi begitu menyenangkan karena pembawaan beliau yang easy going dan interaktif. Sehingga para mahasiswa pun secara bergantian bertanya kepada beliau, tak ketinggalan beliau pun memberikan hadiah menarik kepada mahasiswa yang bertanya maupun menjawab pertanyaan dari beliau.

Siangnya, ada pelatihan touch typing atau berlatih mengetik 10 jari yang dilaksanakan di Labolatorium MD, KC, dan Optima. Pelatihan touch typing dilaksanakan sebagai pembekalan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kecepatan belajar dan kinerja mereka nanti saat kuliah. Jangan sampai ketidakmampuan mereka untuk mengetik dengan baik menambah kesulitan belajar.

 

 

Hari ke-3:

 

Di hari terakhir rangkaian acara PMB with Touch Typing diisi dengan diskusi “Membangun Crtical Thinking dalam Perkuliahan” yang dibawakan oleh Dosen FTI Bapak Chandra Prasetyo Utomo. Suasana diskusi hari ini pun tak kalah menyenangkan dengan hari sebelumnya karena beliau memberikan permainan semprong pada diskusinya. Semprong (something wrong) merupakan permainan yang merangsang kemampuan berpikir kritis peserta dengan menunjukkan kesalahan yang dibuat sengaja oleh pembicara. Selain semprong, beliau juga memberikan pre-test dan ada pembagian hadiah untuk mahasiswa yang bisa menjawab pertanyaan dari beliau. Siangnya pun dilaksanakan touch typing hari terakhir yang didalamnya terdapat kuis berhadiah flashdisk 8GB.

 

Rangkaian kegiatan PMB with Touch Typing berlangsung meriah dan sukses. Ini ditunjukkan dengan banyaknya mahasiswa-mahasiswa baru yang hadir serta berpartisipasi penuh pada jalannya acara sehingga  tidak terkesan garing dan membosankan. Setelah melewati acara PMB with Touch Typing ini, para mahasiswa diharapkan memiliki bekal ilmu dan wawasan yang baik dalam menghadapi dunia mereka yang baru yaitu dunia perkuliahan.

Panitia pembekalan Mahasiswa Baru tahun ajaran 2013/2014,  Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI